Selasa, 13 Mei 2008

MEDIA PENDIDIKAN

Oleh : Tri Wulandari

1102406048 TP’06


Media pendidikan adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatia siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi.

1. Fungsi Media Pendidikan

Media pendidikan berfungsi mengatasi keterbatasan pengalaman siswa dan keterbatasan ruangan kelas; memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan; menghasilkan keseragaman pengamatan; menanamkan konsep dasar yang benar; konkret dan realistis; menimbulkan keinginan dan minat baru; membangkitkan motivasi belajar siswa; memberikan pengalaman yang integral dari yang konkret ke yang abstrak.

2. Jenis-jenis media pendidikan

· Taksonomi menurut Briggs

Briggs mengidentifikasi 13 macam media yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu: objek, model, suara langsung, rekaman audio, media cetak, pembelajaran terprogram, papan tulis, media transparansi, film bingkai, film, televisi dan gambar.

· Taksonomi menurut Gagne

Gagne membuat 7 macam pengelompokan media, yaitu :benda untuk didemonstrasikan, komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar gerak, film bersuara dan mesin belajar.

· Taksonomi menurut Edling

Menurut Edling, media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio meliputi kodifikasi subjektif visual dan kodifikasi objektif audio, dua untuk pengalaman visual meliputi kodifikasi subjektif audio dan kodifikasi oblektif visual, dan dua pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan pengalama lansung dengan benda-benda.

3. Karakteristik media pendidikan

· Media Grafis

- Termasuk media visual

- Berfungsi untuk :

ü Menarik perhatian

ü Memperjelas sajian ide

ü Mengilustrasikan / menghiasi fakta yang mungkin akan cepat di lupakan atau di abaikan bila tidak di grafiskan.

- Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan

- Pesan yang akan dipakai dituangkan kedalam simbol-simbol komunikasi visual

- Pembuatanya mudah dan relatif murah

Jenis-jenis media grafis : - gambar /foto - sketsa - diagram - bagan - grafik - kartun - poster - peta /globe - papan flanel dan papan buletin.

· Media Audio

- Berkaitan dengan pendengaran

- Pesan yang akan dipakai dituangkan kedalam lambang-lambang auditif baik verbal (kedalam kata-kata /bahasa lisan) maupun non verbal.

Jenis-jenis media audio : - radio - alat perekam pita magnetik -piringan hitam dan laboratorium bahasa.

· Media Proyeksi Diam

Media Proyeksi Diam mempunyai persamaan dengan media grafis dalam arti menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Kecuali itu, bahan-bahan grafis banyak sekali dipakai dalam Media Proyeksi Diam.

Jenis-jenis Media Proyeksi Diam : - film bingkai (slide) - film rangkai (film strip) - overhead proyektor, proyektor opaque, tachitoscope, microprojection dengan microfilm.

4. Tujuan penggunaan media pendidikan

· Meletakkan dasar-dasar berpikr yang konkrit

· Mengurangi verbalisme

· Memperbesar perhatian siswa

· Memberikan pengalaman nyata

· Membantu tumbuhnya pengertian dan perkembangan kemampuan berbahasa.

5. Prinsip-prinsip penggunaan media pendidikan

· Tidak ada satu media yang harus digunakan dengan meniadakan yang lain.

· Sesuaikan kelebihan dan kekueangan media dengan karakteristik bidang studi tertentu.

· Tidak ada datu media pun yang dapat sesuai untuk segala macam kegiatan belajar.

· Menggunakan media terlalu banyak secara sekaligus, dapat membingungkan dan dapat merancu suasana pelajaran.

· Senantiasa dilakukan persiapan yang cukup.

· Media harus merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, bukan merupakan hiasan.

· Siswa harus dipersiapakan dan diperlakukan secara aktif.

· Perlu diusahakan sekedar sebagai selingan atau hiburan, pengisi waktu, kecuali memang tujuannya demikian.

· Gunakan media yang dapat melatih perkembangan bahasa, baik lisan maupun tertulis.

6. Kriteria pemilihan media pendidikan

Dalam memilih media yang baik mencakup 4 syarat, yaiatu :

· Kemudahan perolehannya

· Memiliki kualitas isi

· Familiaritas

· Efisiensi biaya.

DAFTAR PUSTAKA

Akhsin, Anir. 1960. Pengantar Media Pendidikan dalam Kegiatan Belajar-Mengajar. Ujung Pandang : IKIP Ujung Pandang.

Sadiman, Arief S., dkk. 1993. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya (Edisi ke-3). Jakarta : Drafindo Persada.