Senin, 26 Mei 2008

INTERNET SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN

oleh : Tri Wulandari
1102406048

Dalam waktu yang relatif singkat semenjak internet pertama kali terbuka penggunaannya untuk pemakaian umum pada tahun 1986, jaringan komunikasi ini telah merembah dengan kecepatan luar biasa ke seluruh pelosok dunia tak terkecuali Indonesia.

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu internet? Bagi orang awam mereka selalu bertanya-tanya apakah internet itu. Internet adalah kumpulan komputer antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya yang terkait dan saling berkomunikasi, di mana keterkaitan itu di atur oleh protocol. Dengan kata lain internet adalah media komunikasi yang menggunakan sambungan seperti layaknya telepon, yang kemudian tentunya dihubungkan dengan telepon dan modem. Namun, prinsip internet sangat berbeda jauh dengan telepon yang yang komunikasinya harus dengan oral dan simultan, pada internet komunikasi umumnya cukup dengan tertulis tanpa memerlukan waktu yang sama dengan kata lain si pengirim dan si penerima berita tersebut boleh dalam waktu yang berbeda.
Keberadaan internet mengubah wajah komunikasi dunia yang sejak lama didominasi oleh perangkat digital non-komputer, seperti telepon, telegram, fax, menjadi alat komunikasi yang global. Dengan kehadiran internet kita dapat berkomunikasi di berbagai belahan dunia – bahkan planet – tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Bila di rumah Anda belum terpasang internet, Anda tidak perlu berkecil hati. Kini telah banyak wartel, warung telekomunikasi, yang tidak hanya menyediakan jasa fasilitas telepon saja, tapi juga menyediakan jasa internet. Kita bisa menggunakan (baca:sewa) selama kita mau dan mampu. Tentunya cukup membayar biaya sewanya dengan harga sewa tersebut yang cukup terjangkau dengan tarif rata-rata adalah Rp.5.000,-/jam. Lebih jauh tentang warnet, sekarang jasa internet sudah dikemas dengan lebih apik, nyaman, dan menyenangkan. Di Jakarta penulis pernah menjumpainya di daerah Blok M Plaza (lantai IV dan lantai V) yaitu SmashNet dan X-Trac adalah dua tempat gaul internet yang bisa dikunjungi oleh semua orang (kebanyakan pada umumnya remaja). Di CitraLand dan Roxy Mas juga terdapat fasilitas semacam ini, hari Sabtu tempat ini penuh akan antrean remaja yang hobi akan teknologi dan menjelajahi dunia maya – surfing. Masih satu lagi di Mall Taman Anggrek sebuah tempat bernama NetCafe yang mengemas dan meramu pojok internetnya lebih bernuansa cafĂ©.
Namun, salah satu tantangan yang cukup besar di dunia internet adalah masalah penggunaan bahasa Inggris. Memang sih, bahasa Inggris kita masih “pas-pasan” tetapi hal ini dapat kita jadikan suatu pelajaran, ini merupakan suatu sarana agar kita dapat melatih dan mempraktikan bahasa inggris kita.

Interactive School Magazine
Majalah sekolah merupakan media yang sangat bermanfaat bagi para siswa sebagai sarana untuk belajar mengekspresikan diri, menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulis-menulis, bahkan sebagai media komunikasi dengan lingkungan di sekelilingnya. Lebih lanjut manfaat lain bagi sekolah yang bersangkutan adalah untuk menjalin hubungan dengan para alumninya yang diharapkan dapat memberikan masukan atau kritikan kepada sistem pendidikan sekolahnya agar lebih baik pada masa-masa mendatang.

Asking Place
Di media Internet ini banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi bahkan dirancang untuk memberikan kepuasan rasa ingin tahu bagi siswa, anak yang melakukan akses. Secara sederhana, dengan menggunakan mesin pencari (search engine) dalam internet apapun yang kita inginkan dapat ditemukan, misalnya melalui yahoo.com; altavista.com; lycos. com; bimasakti.com; google.com dan lain sebagainya.
Salah satu situs yang memberikan informasi menarik bagi para siswa, guru dan orang tua adalah homepage The Global Schoolhouse. Berbagai topik telah disiapkan dalam server tersebut untuk dipilih oleh para siswa orang tua maupun guru yang tertarik lebih jauh lagi. Selain itu, sekali lagi kemampuan berbahasa Inggris merupakan modal utamanya, sebab sebagian besar informasi yang ada di sini menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, situs ini juga link (berhubungan) dengan toko buku yang dapat melakukan jual-beli melalui internet tersebut.
Satu lagi situs yang dapat penulis temukan adalah Ask ERIC (askeric.org) yang menyediakan akses internet ke pusat informasi pendidikan atau ERIC (Education Resources Information Center). Ask ERIC mencakup tiga sumber informasi utama. Database ERIC sendiri berisi abstrak lebih dari 950.000 jurnal dan membahas tentang penelitian dan teknik pendidikan. Ask ERIC Virtual Library menyediakan akses ke perencanaan belajar, panduan menonton televisi, dan arsip daftar layanan yang berkaitan dengan pendidikan. Terakhir Ask ERIC Q&A Service berjanji akan menjawab pertanyaan dengan topik pendidikan, dalam dua hari kerja. Artinya pelayanan yang diberikan oleh Ask ERIC adalah mencoba untuk memberikan kecepatan dalam memenuhi kepuasan para pengunjungnya.

Video Teleconference
Sebuah teknologi yang lebih menggembirakan dan menambah semangat kita semua untuk bergabung dengan internet, pada bagian ini penulis akan sedikit membahas tentang aktivitas video conference di internet yang dilakukan oleh murid-murid sekolah di negara-negara maju. Jadi, kalau komputer kita sudah tersambung dengan internet, maka sebenarnya telah 95% perlengkapan yang kita butuhkan untuk melakukan video conference telah siap. Sebagian besar perangkat lunak (software) yang dibutuhkan dapat diperoleh di internet dengan istilah men-download dari berbagai sponsor yang ada. Tinggal membutuhkan satu lagi alat dengan apa yang biasa disebut sebagai camera. Ada cukup banyak jenis kamera digital yang dapat dipergunakan untuk keperluan ini, salah satunya yang paling murah adalah Connetix QuickCam, yang dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Dengan kata lain, sebenarnya untuk melakukan videoconference peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.
Para peminat videoconference di sekolah-sekolah saat ini banyak tergabung pada kelompok diskusi e-mail yang berpusat Global School Network (GSN) dengan tempat berdiskusi yang beralamat di cu-seeme-schools@gsn.org. Keberadaan teknologi ini, memungkinkan bagi siswa di seluruh dunia untuk saling berkenalan satu dengan lainnya. Dengan demikian diharapkan kita akan melihat bangsa-bangsa di dunia akan saling mengenal akan alam dan budayanya satu sama lain, serta menjadikan seluruh bangsa di dunia ini akan dapat hidup dalam kedamaian.
Demikian sekilas tentang manfaat Internet bagi anak-anak, sekolah, dan keluarga. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan semacam motivasi dan menambah semangat bagi kita semua, minimal dalam menggunakan Internet dalam proses pendidikan untuk lingkungan keluarga.

Tidak ada komentar: